A. Kualifikasi Peserta
Pada dasarnya Pelatihan Kader Taruna Melati III ini ditujukan kepada seluruh kader IPM yang telah mengikuti TM II. Akan tetapi, prosedur pelatihan menuntut maksimal 35 orang. Hitungan nominal jumlah ini dikomplekskan dengan kondisi yang ada dilapangan. Ini sudah jumlah maksimal. Oleh karena, jika pendaftar melebihi kuota, maka akan diadakan kualifikasi peserta sebelum acara berlangsung. Kualifikasi perserta ditentukan oleh Tim Fasilitator PKM TM III 2013 dengan mempertimbangkan :
1) Meminimalisir kesenjangan pengetahuan antara peserta
2) Paket materi ditentukn berdasarkan hasil need asessement dan kualifikasi potensial atau kecenderungan rata-rata peserta.
B. Persyaratan Peserta
1. Menyerahkan foto copy shadah TM II dan/atau PFP I
2. Menyerahkan Mandat dari PW IPM/PD IPM
3. Menyerahkan curriculum vitae
4. Menyerahkan surat pernyataan bersedia mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir
5. Menyerahkan Foto Copy KTA
6. Menyerahkan pas Foto berwarna ukuran 4X6 (2 Lembar)
7. Pernah menjadi Fasilitator perkaderan IPM minimal tingkat Daerah/Cabang sebanyak 3 kali.
8. Membuat resensi buku yang berhubungan dengan materi dan tema
9. Menulis dan menyerahkan essai dengan tema “Membumikan Gerakan Ilmu untuk Pelajar Berkemajuan” dengan struktur sebagai berikut :
a. Pendahuluan : Berisi tentang permasalahan dan gagasan serta rangkuman dari isi tetang alasan dan urgensi gagasan singkat dan padat, tetapi semua ide didalamnya.
b. Isi : berisi jawaban pertanyaan dengan cara mengembangkan gagasan tentang gerakan IPM. Disini seluruh pengetahuan dan informasi berkaitan dengan tawaran gagasan. Gunakan contoh – contoh yang relevan serta kutipan – kutipan yang mendukung gagasan. Sangat penting untuk mengisi struktur isi. Jika pertanyaan yang ada terdiri dari beberapa bagian, maka perlu membuat susunan isi yang berkaitan dengan setiap bagian dari pertanyaan tersebut.
c. Kesimpulan : harus merujuk pada bagian pendahuluan dan isi. Sambungkan kembali dengan gagasan dan kaitkan dengan pertanyaannya.
d. Daftar Pustaka (minimal 5 referensi buku)
10. Menyusun dan menyerahkan peta perkaderan di wilayah/daerah
11. Membayar SWO : Rp 0,- SWP sebesar Rp 50.000,- (pembayaran setelah pengumuman peserta dan Tim Fasilitator). Khusus luar Sulawesi Selatan tidak dikenakan pembayaran apapun.
C. Proses Verifikasi
1) Semua persyaratan peserta paling lambat diterima oleh PW IPM Sulsel (TIM Fasilitator) paling lambat 27 Oktober 2013 dengan alamat sebagai berikut :
a. Kantor PW IPM Sulsel Jln. Perintis Kemerdekaan KM 10 No. 38 Makassar CP : Elly Oschar 085 299 537 541 dan Saparuddin Sanusi 085 242 634 425
b. Email : sapar.ipm@gmail.com
2) Calon peserta yang mengumpulkan persyaratan yang telah ditentukan lebih dari tanggal tersebut dianggap gugur
3) Pengumuman peserta akan diumumkan pada 29 Oktober 2013 melalui Facebook (Group : Welcome to PW IPM Sulsel), surat resmi, telepon, dan email
4) Bagi peserta yang dianggap lolos diharapkan membayar SWP pada saat registrasi ulang pada pembukaan Pelatihan Kader Madya Taruna Melati III se-Indonesia.
Komentar
0 Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

 
PW IPM SULSEL © 2014. All Rights Reserved.
Top